THOUSANDS OF FREE BLOGGER TEMPLATES

Rabu, 04 Januari 2012

Madu


Madu adalah cairan yang menyerupai sirup, madu lebih kental dan berasa manis, dihasilkan oleh lebah dan serangga lainnya dari nektar bunga. Jika Tawon madu sudah berada dalam sarang nektar dikeluarkan dari perut dan dikunyah dikerjakan bersama tawon lain, jika nektar sudah halus ditempatkan pada sel, jika sel sudah penuh akan ditutup dan terjadi fermentasi.
Madu lebih manis dari gula meja dan memiliki ciri-ciri kimia yang menarik, dioleskan jika dipakai untuk pemanggangan. Madu memiliki rasa yang berbeda daripada gula dan pemanis lainnya. Madu bisa berfermentasi maka jika ditutup dalam tempat yang tertutup rapat tempatnya bisa pecah jika gas hasil fermentasi tidak dibuang. Supaya tidak pecah pada tutup botol harus diberi lobang kecil untuk pembuangan gas.
Untuk madu yang dipasarkan, madu di panasi dulu dalam oven sekitar suhu panas 700C, madu dipanasi selama beberapa jam supaya fermentasi berhenti, biasanya pemanasan madu dengan suhu panas 700C dilakukan dua kali. Tapi rasa dan aroma khas madu menjadi hilang dan rasanya juga berubah.

Jenis madu

Bermacam jenis madu, hal ini tergantung dari musim bunga, jika Tawon digembala ditempat-tempat perkebunan akan diperoleh jenis madu mnurut perkebunan atau hutan itu, dibawah ini merupakan bermacam jenis madu yang ada dipasaran :
  1. Madu Bunga Kapuk (Randu)
  2. Madu Bunga Karet
  3. Madu Bunga Kopi
  4. Madu Bunga Lengkeng
  5. Madu Bunga Sonokeling
  6. Madu Bunga Durian
  7. Madu Bunga Rambutan
  8. Madu Bunga Apel
  9. Madu Bunga Jambu air
  10. Madu Bunga Mangga
  11. Madu Bunga Kaliandra
  12. Madu Bunga Mahoni
  13. Madu Bunga Jambu Mede
  14. Madu Hutan
Madu berbagai jenis seperti diatas biasanya tertulis juga Madu Royal Jelly atau Madu Murni, Madu Royal Jelly harganya lebih mahal.

Manfaat madu bagi kesehatan
Kapan sebenarnya manusia mulai memanfaatkan madu? Aktifitas mengumpulkan madu konon sudah berlangsung sejak 10.000 tahun yang lalu. Bukti yang mengandung pendapat ini adalah temuan gambar pada dinding di sebuah gua di Valensia, Spanyol. Gambar tersebut memperlihatkan dua laki-laki menggunakan tangga yang terbuat dari sejenis rumput liar sedang meraih sarang lebah berisi madu. Pada awalnya, manusia lebih memanfaatkan madu sebagai makanan. Kemudian, pemakaian madu tidak lagi terbatas hanya dikonsumsi sebagai pemanis.
Sumber energi
Pada masa lalu, para atlet Romawi dan Yunani kuno meminum madu sebelum dan sesudah bertanding sebagai obat untuk stamina dan pemulih energi. Selama berabad-abad madu memang dikenal sebagai bahan bakar para olahragawan ini karena madu mengandung gula yang cepat diserap oleh sistem pencernaan jadi madu adalah sumber energi instan. Hingga kini, dalam dunia olahraga madu diberikan sebelum pertandingan dan sebagai pengganti karbohidrat yang digunakan pada saat latihan.
Seefektif glukosa
Hasil riset yang dikeluarkan sebuah jurnal kesehatan menyebutkan kadar glycemic index (GI ukuran untuk mengukur dampak negatif makanan dalam gula darah) yang rendah pada madu memperlambat penyerapan gula dalam darah sehingga lebih menyehatkan sistem pencernaan dan menjamin ketersediaan karbohidrat selama berolahraga. Sementara itu, Laboratorium Nutrisi di Universitas Mempish menyatakan bahwa madu seefektif glukosa pengganti karbohidrat selama pemanasan.
Penyembuh luka
Dalam dunia pengobatan masyarakat Yunani dan Romawi memelopori penggunaan madu untuk mengobati hidung tersumbat sementara itu bangsa mesir kuno menjadi pelopor pemanfaatan madu untuk mengobati luka. Mereka membuat salep dari madu untuk mengobati luka bakar dan luka akibat tusukan benda tajam.
Sebagai antibiotik
Setelah ribuan tahun digunakan, khasiat madu sebagai obat luka terungkap secara ilmiah. Madu bekerja sebagai antibiotik alami yang sangggup mengalahkan bakteri mematikan. Madu sangat asam sehingga tidak cocok untuk pertumbuhan dan perkembangbiakan bakteri. Madu menghasilkan hidrogen peroksida yang merupakan anti septik luar biasa. Proses osmosis di dalam madu membasmi bakteri kekentalan madu yang sedikit mengandung air menghasilkan proses osmosis menyerap air dari bakteri pada luka dan luka bakar, tak ubahnya spons menyerap air. Madu mengeringkan bakteri sehingga bakteri sulit tumbuh.
Membunuh kuman
Kandungan gizi yang luar biasa antara lain asam amino bebas dalam madu mampu membantu penyembuhan penyakit. Madu mengandung zat antibiotik yang berguna untuk mengalahkan kuman patogen penyebab panyakit infeksi. Mengikuti bangsa mesir kuno setelah menempuh kajian untuk menemukan fakta ilmiah, salep madu untuk luka kini di produksi di Australia.
Terapi
Bangsaa Mesir dikenal paling piawai meramu obat dari bahan-bahan alami. Madu termasuk dalam 500 resep obat dari 900 resep yang diketahui. Pengobatan modern yang mengacu pada terapi kuno penggunaan madu dari Mesir puas dengan hasilnya.
Mengobati borok
RS Universitas Wisconsin Medical School and Public Health misalnya, Menerapkan terapi madu bagi borok yang diderita penderita diabetes. Uji coba terhadap seorang pasien berusia 79 tahun berhasil menyembuhkan borok pada jari kakinya. Sang pasien bahkan tidak jadi diamputasi berkat terapi madu tersebut.
Antioksidan
Di Selandia Baru, terapi madu berhasil menyembuhkan lecet pada punggung pasien yang terlalu lama terbaring di ranjang rumah sakit. Di Uni Emirat Arab, terapi madu untuk luka akibat herpes bibir dan alat kelamin mempercepat penyambuhan dan mengurangi rasa sakit. Sementara itu untuk membuktikan peran madu sebagai antioksidan peneliti di Universitas California membuktikan konsumsi madu mampu meningkatkan antioksidan dalam darah. Uji coba pada tikus untuk mengkaji kemampuan madu meningkatkan penyerapan kalsium memberikan hasil memuaskan. Riset di Universitas Purdue itu menyimpulkan, konsumsi suplemen kalsium bersama madu mampu meningkatkan penyerapan kalsium oleh tubuh.
Awet muda
Mengapa Ibu Suri Kerajaan Inggris dan Ratu Elizabeth berumur panjang? Bisa diyakini, madu berperan besar dalam menjaga kesehatan sehingga membuat keduannya berumur panjang. Bagi keluarga Kerajaan inggris, sarapan madu adalah kebiasaan setiap hari mereka mengoleskan madu berkualitas tinggi pada roti. Manis alami madu digunakan di Inggris hingga pertengahan abad ke-17. Kebiasaan tersebut sempat berubah ketika gula yang dianggap lebih berkelas mulai di produksi. Namun setelah gula semakin meluas pemakaiannya tak lagi terbatas pada kalangan atas, keluarga kerajaan kembali mengkonsumsi madu. Itulah sebabnya kesehatan mereka terjaga dengan baik.

Manfaat madu bagi kecantikan
Jika ingin awet muda, tetap segar dan bugar walau sudah berusia tua, minumlah selalu madu secara rutin. Ibnu Sina, filsuf dan pelopor kedokteran modern. Nasihat Ibnu Sina tersebut, meski bicara tentang kesehatan juga menyiratkan manfaat madu untuk kecantikan. Madu adalah obat untuk mempercantik diri yang alami. Itulah sebabnya sejak lama madu digunakan untuk perawatan kecantikan wajah, kulit dan rambut.

- Masker pengencang

Campurkan 1 sdm madu, 1 putih telur, sdt gliserin (tersedia diapotek dan toko kosmetik), hingga menjadi semacam pasta. Oleskan perlahan pada wajah dan leher. Biarkan selama 10 menit, lelu basuh dengan air hangat.

- Masker Pelembap wajah

Campur 2 sdt madu dengan sdt susu bubuk. Oleskan merata pada wajah dan leher. Diamkan 10 menit lalu bilas dengan air bersih.

- Masker penghilang jerawat

Campurkan madu dan oatmeal dengan perbandingan yang sama, ratakan dan gunakan sebagai masker. Biarkan setengah jam kemudian cuci, masker ini adalah penghilang jerawat. Selain itu ada juga dengan oleskan 1 sdm madu dan 1 sdt bubuk kayu manis pada wajah sebelum tidur. Keesokan harinya basuh dengan air hangat apabila dilakukan rutin setiap hari selama 2 minggi akan menyembuhkan jerawat sampai ke akar-akarnya.

- Masker kulit kering dan kusam

Campurkan 1 kuning telur, 2 sdt madu, dan segenggam oatmeal hingga terbentuk adonan kental. Tekan-tekan adonan ini pada wajah dan leher dengan lembut. Diamkan selama 15-20 menit lalu bilas dengan air hangat. Campuran ini cocok untuk kulit kering dan kusam.

- Masker kulit berminyak

Campurkan 1 sdm air lemon atau jeruk nipis, 1 sdt madu, dan 2 putih telur. Setelah campuran menyatu oleskan pada seluruh wajah. Diamkan selama 20 menit agar bahan-bahan tadi bekerja dan bereaksi mambersihkan dan melembutkan kulit anda. Kemudian, bilas dengan air hangat dan tepuk-tepuk dengan handuk bersih hingga kering.

- Masker pepaya madu

Masker ini untuk kulit berminyak juga. Bahan 1/3 cangkir cokelat bubuk, 3 sdm krim, 1/3 cangkir pepaya masak, 1/4 cangkir madu dan 3 sdm tepung oatmeal. Caranya campurkan semua bahan dan gunakan untuk masker wajah selama 10 menit basuh dengan air hangat. Masker ini berguna untuk menghilangkan bekas noda di wajah, mengangkat semua kotoran, menyeimbangkan pH wajah, serta membuat kulit menjadi lembut berseri.

- Menghilangkan noda dan keriput

Larutkan madu sebanyak 100 gr dalam 25 ml alkohol dan 25 ml air bersih. Oleskan pada noda di wajah.

- Untuk kulit berjerawat ringan

Campurkan 1/2 cangkir air hangat dan 1/4 sdt garam. Dengan menggunakan cotton bud oleskan langsung ke bagian yang berjerawat. Beri tekanan beberapa menit untuk melembutkan bagian tersebut lalu basuh dan tepuk-tepuk perlahan hingga kering.

- Bibir pecah-pecah

Menjelang tidur oleskan madu pada bibir madu dapat lembutkan, melembapkan dan mencegah kulit bibir mengering atau pecah-pecah.

- Menghaluskan kulit wajah

Biasakan minum 1 sdm madu murni setiap hari. Langkah ini berkhasiat membantu proses regenerasi sel-sel kulit dari dalam tubuh. Jika anda tidak suka rasa manis madu campurkan 1 sdm madu dengan segelas air putih hangat saat mengkonsumsinya.

- Mencegah penuaan

Teh yang di campur madu dan bubuk kayu manis dan diminum setiap hari dapat mencegah penuaan. Ambil 4 sdm madu, 1 sdm bubuk kayu manis dan 3 cangir air6. Kemudian rebus seperti membuat teh minumlah sebanyak 4 kali sehari ramuan ini mambuat kulit segar dan halus serta mencegah penuaan.

- Pembersih muka

Masukkan 2 sdt penuh madu ke dalam 1 liter air hangat. Setelah diaduk rata basuhlah wajah dan leher anda diamkan selama 10 menit lalu bilas wajah dengan air hangat.
resep lain,
Campurkan 1 sdm madu dengan sedikit susu bubuk di telapak tangan. Oleskan di wajah untuk membersihkan semua kotoran dan make up lalu basuh hingga bersih dengan air hangat.
Camour 1/4 cangkir madu, 1 sdm sabun cair dan 1/2 cangkir gliserin. Memakai spons wajah usapkan scrub pada wajah bilas dengan air hangat.

- Pelembap jeruk madu

Campur madu, jeruk nipis dan minyak sayur oleskan pada wajah sebagai masker untuk melembapkan kulit yang kering. Setelah 10 menit cuci bersih.

- Toner apel-madu

Blender apel matang bersama 1 sdm madu hingga halus sapukan segera ke seluruh wajah diamkan selama 15 menit kemudian bilas dengan air.

- Toner kulit

Untuk mengencangkan, melembutkan dan melembapkan kulit blender 1 buah kulit jeruk lemon/nipis bersama 1 sdm madu. Gosok perlahan campuran madu ke wajah dan biarkan selama 15 manit lalu basuh wajah anda dengan air hangat untuk membersihkan campuran tadi.

- Scrub madu

Campurkan 1 sdt madu dengan sedikit tepung almond pada telapak tangan. Gosok perlahan pada wajah sebagai scrub wajah lalu basuh wajah dengan air hangat untuk mengangkat madu.

- Scrub oat madu

Campur 1 sdm madu, 1 sdm almond, 2 sdm oatmeal dan 1 sdm air jeruk nipis atau yoghurt. Sapu wajah dengan scrub tersebut sambil dipijat lembut kemudian bilas dengan air hangat. Scrub ini membersihkan pori-pori wajah almond dan oatmeal mengelupas kulit wajah dengan lembut.

0 komentar: