THOUSANDS OF FREE BLOGGER TEMPLATES

Kamis, 07 November 2013

Pengantar Telematika 1



Telematika merupakan adopsi dari bahasa Prancis yang sebenarnya adalah “TELEMATIQUE” yang kurang lebih dapat diartikan sebagai bertemunya sistem jaringan komunikasi dengan teknologi informasi.
Para praktisi mengatakan bahwa TELEMATICS merupakan perpaduan dari dua kata yaitu dari “TELECOMMUNICATION and INFORMATICS” yang merupakan perpaduan konsep Computing and Communication. Istilah telematika juga dikenal sebagai “the new hybrid technology” karena lahir dari perkembangan teknologi digital. Dalam wikipedia disebutkan bahwa Telematics juga sering disebut dengan ICT (Information and Communications Technology).
Salah satu milis internet Indonesia terbesar adalah milis Telematika. Dari milis inipun tidak ada penjelasan mengapa milis ini bernama telematika, yang jelas arsip pertama kali tercatat dikirimkan pada tanggal 15 Juli 1999. Dari hasil pencarian di arsip mailing list Telematika saya menemukan salah satu ulir diskusi menarik (membutuhkan login) tentang penamaan Telematika yang dikirimkan oleh Paulus Bambang Wirawan.
Istilah telematika sering dipakai untuk beberapa macam bidang, sebagai contoh adalah:
  • Integrasi antara sistem telekomunikasi dan informatika yang dikenal sebagai Teknologi Komunikasi dan Informatika atau ICT (Information and Communications Technology). Secara lebih spesifik, ICT merupakan ilmu yang berkaitan dengan pengiriman, penerimaan dan penyimpanan informasi dengan menggunakan peralatan telekomunikasi.
  • Secara umum, istilah telematika dipakai juga untuk teknologi Sistem Navigasi/Penempatan Global atau GPS (Global Positioning System) sebagai bagian integral dari komputer dan teknologi komunikasi berpindah (mobile communication technology).
  • Secara lebih spesifik, istilah telematika dipakai untuk bidang kendaraan dan lalulintas (road vehicles dan vehicle telematics).

Ragam Bentuk Telematika

1. E-goverment
·         E-goverment dihadirkan dengan maksud untuk
·         administrasi pemerintahan secara elektronik.
2. E-commerce
·         Semua proses transaksi perdagangan
·         dilakukan secara elektronik.
3. E-learning
·         Pendidikan terbuka dengan modus belajar
·         jarah jauh (distance lesrning) dengan media
·         internet berbasis web atau situs.
·         Bentuk telematika lainnya masih banyak lagi, antara lain ada e-medicine, e-laboratory, etechnology, e-research, dan ribuan situs yang memberikan informasi sesuai bidangnya
·         Di luar berbasis web, telematika dapat berwujud hasil dari kerja satelit, contohnya ialah GPS (Global Position System), atau sejenisnya seperti GLONAS dan GALILEO, Google Earth, 3G, dan kini 4G, kompas digital, sitem navigasi digital untuk angkutan laut dan udara, serta teleconference.
·         Telekomunikasi mempunyai pengertian sebagai teknik pengiriman pesan, dari suatu tempat ke tempat lain, dan biasanya berlangsung secara dua arah. ‘Telekomunikasi’ mencakup semua bentuk komunikasi jarak jauh, termasuk radio, telegraf/ telex, televisi, telepon, fax, dan komunikasi data melalui jaringan komputer. Sedangkan pengertian Informatika) mencakup struktur, sifat, dan interaksi dari beberapa sistem yang dipakai untuk mengumpulkan data, memproses dan menyimpan hasil pemrosesan data, serta menampilkannya dalam bentuk informasi.
·         Istilah telematika yang berasal dari kata dalam bahasa Perancis telematique merupakan gabungan dua kata: telekomunikasi dan informatika. Jadi pengertian Telematika sendiri lebih mengacu kepada industri yang berhubungan dengan penggunakan komputer dalam sistem telekomunikasi. Yang termasuk dalam telematika ini adalah layanan dial up ke Internet maupun semua jenis jaringan yang didasarkan pada sistem telekomunikasi untuk mengirimkan data. Internet sendiri merupakan salah satu contoh telematika.
·         Para praktisi menyatakan bahwa TELEMATICS adalah singkatan dari TELECOMMUNICATION and INFORMATICS sebagai wujud dari perpaduan konsep Computing and Communication. Istilah Telematics juga dikenal sebagai {the new hybrid technology} yang lahir karena perkembangan teknologi digital. Perkembangan ini memicu perkembangan teknologi telekomunikasi dan informatika menjadi semakin terpadu atau populer dengan istilah konvergensi. Semula Media masih belum menjadi bagian integral dari isu konvergensi teknologi informasi dan komunikasi pada saat itu. istilah telematika ini sering dipakai untuk beberapa macam bidang, sebagai contoh adalah:
Integrasi antara sistem telekomunikasi dan informatika yang dikenal sebagai Teknologi Komunikasi dan Informatika atau ICT (Information and Communications Technology). Secara lebih spesifik, ICT merupakan ilmu yang berkaitan dengan pengiriman, penerimaan dan penyimpanan informasi dengan menggunakan peralatan telekomunikasi.
Secara umum, istilah telematika dipakai juga untuk teknologi Sistem Navigasi/Penempatan Global atau GPS (Global Positioning System) sebagai bagian integral dari komputer dan teknologi komunikasi berpindah (mobile communication technology).
Secara lebih spesifik, istilah telematika dipakai untuk bidang kendaraan dan lalulintas (road vehicles dan vehicle telematics)
·         Belakangan baru disadari bahwa penggunaan sistem komputer dan sistem komunikasi ternyata juga menghadirkan Media Komunikasi baru. Lebih jauh lagi istilah TELEMATIKA kemudian merujuk pada perkembangan konvergensi antara teknologi TELEKOMUNIKASI, MEDIA dan INFORMATIKA yang semula masing-masing berkembang secara terpisah. Konvergensi TELEMATIKA kemudian dipahami sebagai sistem elektronik berbasiskan teknologi digital atau {the Net}. Dalam perkembangannya istilah Media dalam TELEMATIKA berkembang menjadi wacana MULTIMEDIA. Hal ini sedikit membingungkan masyarakat, karena istilah Multimedia semula hanya merujuk pada kemampuan sistem komputer untuk mengolah informasi dalam berbagai medium. Adalah suatu ambiguitas jika istilah TELEMATIKA dipahami sebagai akronim Telekomunikasi, Multimedia dan Informatika. Secara garis besar istilah Teknologi Informasi (TI), TELEMATIKA, MULTIMEDIA, maupun Information and Communication Technologies (ICT) mungkin tidak jauh berbeda maknanya, namun sebagai definisi sangat tergantung kepada lingkup dan sudut pandang pengkajiannya.
·         Mengacu kepada penggunaan dikalangan masyarakat telematika Indonesia (MASTEL), istilah telematika berarti perpaduan atau pembauran (konvergensi) antara teknologi informasi (teknologi komputer), teknologi telekomunikasi, termasuk siaran radio maupun televisi dan multimedia. Dalam perkembangannya, teknologi telematika ini telah menggunakan kecepatan dan jangkauan transmisi energi elektromagnetik, sehingga sejumlah besar informasi dapat ditransmisikan dengan jangkauan, menurut keperluan, sampai seluruh dunia, bahkan ke seluruh angkasa, serta terlaksana dalam sekejap. Kecepatan transmisi elektromagnetik adalah (hampir) 300.000 km/detik, sehingga langsung dikirim begitu sampai, memungkinkan orang berdialog langsung, atau komunikasi interaktif.

Berdasarkan pendapat-pendapat tersebut, maka dapat disarikan pemahaman tentang telematika sebagai berikut.
1. Telematika adalah sarana komunikasi jarak jauh melalui media elektromagnetik.
2. Kemampuannya adalah mentransmisikan sejumlah besar informasi dalam sekejap, dengan jangkauan seluruh dunia, dan dalam berbagai cara, yaitu dengan perantaan suara (telepon, musik), huruf, gambar dan data atau kombinasi-kombinasinya. Teknologi digital memungkinkan hal tersebut terjadi.
3. Jasa telematika ada yang diselenggarakan untuk umum (online, internet), dan ada pula untuk keperluan kelompok tertentu atau dinas khusus (intranet)


Arsitektur Telematika 


Asitektur Sisi klien



Istilah  ini  merujuk  pada  pelaksanaan  atau  penyimpanan  data  pada  browser  (atau  klien)  sisi 
koneksi  HTTP.  JavaScript  adalah  sebuah  contoh  dari  sisi  klien  eksekusi,  dan  cookie  adalah 
contoh 
dari 
sisi 
klien 
penyimpanan. 
Lihat 
Cookie, 
Server 
Side. 

Karakteristik Klien : 

Selalu memulai permintaan ke server. 

Menunggu balasan. 

Menerima balasan. 

Biasanya terhubung ke sejumlah kecil dari server pada satu waktu. 

Biasanya berinteraksi langsung dengan pengguna akhir dengan menggunakan antarmuka 
pengguna seperti antarmuka pengguna grafis. 

Khusus jenis klien mencakup: web browser, e-mail klien, dan online chat klien. 


Arsitektur Sisi Server  

Sebuah eksekusi sisi server adalah server Web khusus eksekusi yang melampaui standar metode 
HTTP  itu  harus  mendukung.  Sebagai  contoh,  penggunaan  CGI  script  sisi  server  khusus  tag 
tertanam di halaman HTML; tag ini memicu tindakan terjadi atau program untuk mengeksekusi. 

Karakteristik Server:

Selalu menunggu permintaan dari salah satu klien. 

Melayani klien permintaan kemudian menjawab dengan data yang diminta ke klien. 

Sebuah server dapat berkomunikasi dengan server lain untuk melayani permintaan klien. 

Jenis  server  khusus  mencakup:  web  server,  FTP  server,  database  server,  E-mail  server, 
file server, print server. Kebanyakan web layanan ini juga jenis server. 
Jadi,  secara  umum  Arsitektur  Klien-server  atau  jaringan  komputer  adalah  sebuah  aplikasi 
terdistribusi  arsitektur  yang  partisi  tugas  atau  beban  kerja  antara  penyedia  layanan (server)  dan 
pelayanan  pemohon,  disebut  klien.  Sering  kali  klien  dan  server  beroperasi  melalui  jaringan 
komputer  pada  hardware  terpisah.  Sebuah  mesin  server  adalah  performa  tinggi  host  yang 
menjalankan  satu  atau  lebih  program  server  yang  berbagi  sumber  daya  dengan  klien.  Seorang 
klien tidak berbagi apapun dari sumber daya, tetapi meminta server layanan konten atau fungsi. 
Oleh karena itu klien memulai sesi komunikasi dengan server yang menunggu (mendengarkan) 
masuk 
permintaan. 

Dalam perkembangannya, client/ server dikembangkan oleh dominasi perusahaan software besar 
yaitu  Baan,  Informix,  Lotus,  Microsoft,  Novell,  Oracle,  PeopleSoft,  SAP,  Sun,  dan  Sybase. 
Perusahaan-perusahaan  ini  adalah  superstar  pada  era  pertama  dimunculkannya  konsep  client/ 
server.  Saat  ini  perusahaanperusahaan  ini  telah  menjadi  perusahaan  komputer  yang  stabil  dan 
besar. 

Berikut ini adalah penjelasan mengenai beberapa kolaborasi arsitektur sisi client dan sisi server : 

Arsitektur Single-Tier

Definisi  satu-tier  arsitektur,  seperti  yang  ditunjukkan  pada  gambar  di  bawah  ini,  adalah 
bahwa semua  komponen  produksi  dari  sistem dijalankan pada  komputer  yang sama. Ini 
adalah  sederhana  dan  paling  mahal  alternatif.  Ada  kurang  perlengkapan  untuk  membeli 
dan mempertahankan. Kelemahan dari jenis ini pelaksanaan keamanan lebih rendah dan 
kurangnya  skalabilitas.  Sebuah  arsitektur  skalabel  ketika  dapat  dengan  mudah  diperluas 
atau 
ditambah 
untuk 
memenuhi 
kebutuhan 
peningkatan 
kinerja. 

Setelah  semua  komponen  utama  situs  dan  data  di  satu  komputer  di  belakang  firewall 
daun  domain  situs  lebih  rentan  terhadap  serangan  berbahaya.  Menjalankan  semua 
komponen  situs  pada  sebuah  komputer  juga  membatasi  ekspansi  dan  optimalisasi 
kemungkinan.  Anda  hanya  dapat  menambahkan  begitu  banyak  memori  atau  begitu 
banyak CPU untuk sebuah server tunggal

Arsitektur Two-tier

Dalam dua lapis klien / server arsitektur, antarmuka pengguna pengguna ditempatkan di 
lingkungan  desktop  dan  sistem  manajemen  database  jasa  biasanya  dalam  sebuah  server 
yang  lebih  kuat  merupakan  mesin  yang  menyediakan  layanan  bagi  banyak  klien. 
Pengolahan  informasi  dibagi  antara  sistem  user  interface  lingkungan  dan  lingkungan 
server  manajemen  database.  Manajemen  database  server  mendukung  untuk  disimpan 
prosedur  dan  pemicu..  Vendor  perangkat  lunak  menyediakan  alat-alat  untuk 
menyederhanakan pengembangan aplikasi untuk dua lapis klien / server arsitektur. 

Arsitektur  two-tier  lebih  aman  dan  terukur  daripada  pendekatan  single-tier.  Pilihan  ini 
bergerak  Database  Server  ke  mesin  terpisah  di  belakang  firewall  yang  kedua.  Ini 
menambah  keamanan  tambahan  dengan  menghapus  data  pelanggan  sensitif  dari  DMZ. 
Memiliki database pada komputer yang terpisah meningkatkan kinerja keseluruhan situs. 
Kelemahan  dari  opsi  ini  adalah  biaya  yang  mahal  dan  kompleksitas  arsitektur. 
  
Arsitektur Three-tier 

 Arsitektur Three-Tier diperkenalkan untuk mengatasi kelemahan dari arsitektur two-tier. 
Di  tiga  tingkatan  arsitektur,  sebuah  middleware  digunakan  antara  sistem  user  interface 
lingkungan  klien  dan  server  manajemen  database  lingkungan.  Middleware  ini 
diimplementasikan  dalam  berbagai  cara  seperti  pengolahan  transaksi  monitor,  pesan 
server  atau  aplikasi  server.  The  middleware  menjalankan  fungsi  dari  antrian,  eksekusi 
aplikasi  dan  database  pementasan.  Di  samping  itu  middleware  menambahkan 
penjadwalan dan prioritas untuk bekerja di kemajuan. Three-tier klien / server arsitektur 
digunakan  untuk  meningkatkan  performa  untuk  jumlah  pengguna  yang  besar  dan  juga 
meningkatkan  fleksibilitas  ketika  dibandingkan  dengan  pendekatan  dua  tingkat. 
Kekurangan dari tiga tingkatan arsitektur adalah bahwa lingkungan pengembangan lebih 
sulit untuk digunakan daripada pengembangan aplikasi dari dua lapis. 

o

Three tier dengan pesan server  
Pada  arsitektur  ini,  pesan  akan  diproses  dan  diprioritaskan  asynchronously. 
Header  pesan  memiliki  prioritas  yang  mencakup  informasi,  alamat  dan  nomor 
identifikasi.  Server  pesan  link  ke  relasional  DBMS  dan  sumber  data  lainnya. 
Pesan 
sistem 
alternatif 
untuk 
infrastruktur 
nirkabel. 

o

Three tier dengan server aplikasi  
Arsitektur  ini  memungkinkan  tubuh  utama  untuk  menjalankan  sebuah  aplikasi 
pada tuan rumah bersama bukan di sistem user interface lingkungan klien. Server 
aplikasi  logika  bisnis  saham,  perhitungan  dan  pengambilan  data  mesin.  .  Dalam 
aplikasi  arsitektur  ini  lebih  terukur  dan  biaya  instalasi  kurang  pada  satu  server 
dibandingkan mempertahankan masing-masing pada klien desktop. 
Arsitektur three-tier, ditunjukkan pada gambar di atas, memisahkan Web Server ke mesin yang 
terpisah di DMZ. Pilihan ini, sementara ini adalah yang paling mahal, adalah yang paling aman 
dan  terukur  dari  tiga  pilihan.  Masing-masing  dari  tiga  server  kini  dapat  dioptimalkan  untuk 
puncak  efisiensi  operasi.  Fungsi  utama  Web  Server  jaringan  I  /  O,  Perdagangan  Server  CPU 
intensif 
dan 
Database 
Server 
disk 
intensif. 

Commerce  Server  yang  telah  dipindahkan  di  belakang  firewall  yang  kedua.  Ini  mengurangi 
resiko  keamanan.  Memisahkan  Web  Server  dari  Commerce  Server  memungkinkan  horizontal 
scaling.  Seperti  di  situs  penggunaan  tumbuh,  Commerce  Server  tambahan  dapat  ditambahkan 
dan  aplikasi  dapat  akan  di  kloning  di  beberapa  komputer.  Perhatikan  bahwa  WebSphere 
Commerce  Professional  atau  Enterprise  diperlukan  untuk  mendukung  horizontal  scaling  dan 
Cloning.

Layanan Informasi

Layanan telematika yang pertama adalah layanan informasi. Pada layanan ini telematika menggabungkan sistem komunikasi dengan kendaraan yang bergerak seperti mobil untuk menawarkan layanan informasi yang disebut GPS, Layanan ini menyatukan sistem komunikasi dengan kendaraan seperti mobil untuk memberikan informasi kepada masyarakat.
Contoh dari layanan informasi tersebut adalah sebagai petunjuk jalan. Dan beberapa contoh lainnya adalah :
a. M – Commerce
b. VOD
c. News and weather
d. Telematik Terminal
e. Jasa pelayanan internet
f. Informasi lalu lintas terbaru

Layanan Keamanan

Layanan keamanan adalah suatu yang sangat penting untuk menjaga agar suatu data dalam jaringan tidak mudah terhapus atau hilang. Sistem dari keamanan ini juga membantu untuk mengamankan jaringan tanpa menghalangi penggunaannya dan menempatanya. Jika ketika jaringan berhasil ditembus. Keamanan jaringan di sini adalah memberikan peningkatan keamanan tertentu untuk jaringan serta untuk memantau dan memberikan informasi jika sesuatu berjalan tidak seharusnya. Layanan ini dapat mengurangi tingkat pencurian dan kejahatan. Seperti contohnya dengan menggunakan Firewall dan juga anti virus yang ada.


Layanan Context Aware & Event Base

Dalam ilmu komputer terdapat pernyataan bahwa perangkat komputer mempunyai kepekaan dan dapat bereaksi terhadap lingkungan sekitarnya berdasarkan informasi dan aturan-aturan tertentu yang tersimpan di dalamnya. Gagasan inilah yang diperkenalkan oleh Schilit pada tahun 1994 dengan istilah context-awareness.

Context-awareness merupakan kemampuan layanan network untuk mengetahui berbagai konteks, yaitu kumpulan parameter yang relevan dari pengguna (user) dan penggunaan network itu, serta memberikan layanan yang sesuai dengan parameter-parameter itu. Beberapa konteks yang dapat digunakan yaitu data dasar user, lokasi user, berbagai preferensi user, jenis dan kemampuan terminal yang digunakan user. Sebagai contoh : ketika seorang user sedang mengadakan acara pesta ulang tahunnya, maka context-aware pada mobile phone yang dimiliki user akan langsung menyimpulkan bahwa user sedang mengadakan acara ulang tahun dan akan menolak semua panggilan telepon yang tidak berkaitan dengan acara tersebut. Pada sekarang ini sangat dibutuhkan suatu teknologi yang dapat memberikan kemudahan bagi user untuk mengakses informasi setiap saat user membutuhkannya. Yang disebut context-aware computing yang dapat memenuhi kebutuhan tersebut dan akan menjadi trend yang penting untuk dikembangkan kedepannya. Dengan adanya context aware, user tidak perlu selalu memberikan input yang secara eksplisit untuk membuat komputer menjalankan tugas-tugasnya.
Beberapa bagian dari context awareness telah mulai dikembangkan. Misalnya LBS: location-based service. Ketika user mencari keyword tertentu, maka user akan memperoleh hasil yang dibutuhkan tergantung pada posisi user itu berada. Ini juga dapat digabungkan dengan beberapa data dan informasi yang di inputkan dari user. Sebagai contoh user tersebut mencari data lokasi dimana posisi keberadaan user sekarang berada.

Layanan Perbaikan sumber (Resource Discovery Service)

Layanan telematika yang terakhir adalah layanan perbaikan sumber. Resource Discovery Service (RDS) adalah sebuah layanan yang berfungsi untuk penemuan layanan utilitas yang diperlukan. The RDS juga berfungsi dalam pengindeksan lokasi layanan utilitas untuk mempercepat kecepatan penemuan.

Layanan perbaikan sumber yang dimaksud adalah layanan perbaikan dalam sumber daya manusia (SDM). SDM telematika adalah orang yang melakukan aktivitas yang berhubungan dengan telekomunikasi, media, dan informatika sebagai pengelola, pengembang, pendidik, dan pengguna di lingkungan pemerintah, dunia usaha, lembaga pendidikan, dan masyarakat pada umunya. Konsep pengembangan sumber daya manusia di bidang telematika ditujukan untuk meningkatkan kualitas, kuantitas dan pendayagunaan SDM telematika dengan tujuan untuk mengatasi kesenjangan digital, kesenjangan informasi dan meningkatkan kemandirian masyarakat dalam pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi secara efektif dan optimal.
Kebutuhan akan SDM dapat dilihat dari bidang ekonomi dan bidang politik, yaitu :
  • Dilihat dari bidang ekonomi
Pengembangan telematika ditujukan untuk peningkatan kapasitas ekonomi, berupa peningkatan kapasitas industry produk barang dan jasa.
  • Dilihat dari bidang politik
Bagaimana telematika memberikan kontribusi pada pelayanan public sehingga menghasilkan dukungan politik.
Dari kedua bidang tersebut diatas kebutuhan terhadap telematika akan dilihat dari dua aspek, yaitu :
1.     Pengembangan peningkatan kapasitas industry.
2.    Pengembangan layana publik.
Sasaran utama dalam upaya pengembangan SDM telematika yaitu sebagai berikut :
a)    Peningkatan kinerja layanan public yang memberikan akses yang luas terhadap peningkatan kecerdasan masyarakat, pengembangan demokrasi dan transparasi sebagai katalisator pembangaunan.
b)   Literasi masyarakat di bidang teknologi telematika yang terutama ditujukan kepada old generator dan today generation sebagai peningkatan, dikemukakan oleh Tapscott.
 



http://kyfi.wordpress.com/2011/10/11/layanan-informasi-layanan-keamanan-layanan-context-aware-event-base-layanan-perbaikan-sumber-resource-discovery-service-pada-telematika/


0 komentar: