Nama: Emellika Rahmayana
Kelas: 3KA28
NPM : 12110361
Dosen : Lily Wulandari
Matkul : Grafik Komputer & Pengolahan Citra
Dosen : Lily Wulandari
Matkul : Grafik Komputer & Pengolahan Citra
Disini saya akan membahas tentang tata cara membuat garis vertikal, horisontal, dan diagonal dengan menggunakan OpenGL.
Langkah pertama adalah buka terlebih dahulu Dev C++ nya
Jika sudah masuk di C++ klik File - New - Project setelah itu beri nama project tersebut dan pilih tab multimedia pilihlah OpenGL
Ketiklah coding dibawah berikut ini, tapi yang perlu diingat adalah hanya pada bagian /* OpenGL animation code goes here */ saja yang akan kita edit dan masukkan codingnya
1. Membuat Garis Vertikal
Sleep (1);
2. Membuat Garis Horisontal
Sleep (1);
glClearColor (0.0f,
0.0f, 0.0f, 0.0f);
[ untuk
memilih warna yang digunakan untuk membersihkan latar dalammode RGBA]
glClear
(GL_COLOR_BUFFER_BIT);
[untuk
membersihkan layar latar belakang dengan warna hitam]
glPushMatrix ();
[Membuat baris kode menjadi
tidak berlaku untuk bagian luar]
glClearColor(1,1,1,0);
[untuk menentukan warna garis/titik]
glColor3f(1,1,1); //
[untuk menentukan warna garis/titik]
glBegin(GL_LINES);
[untuk menggambar
garis dari titik yang digunakan ]
glVertex3f(0.10,10.0,13.13);
[ untuk menentukan titik awal yang digunakan ]
glVertex3f(0,0,0.0);
[ untuk
menentukan titik akhir yang digunakan ]
glEnd ();
[untuk mengakhiri gambar garis
dititik akhir ]
glPopMatrix
(); [Membuat baris kode menjadi tidak berlaku untuk bagian luar]
SwapBuffers (hDC);
[digunakan untuk
menukar bagian belakang buffer menjadi buffer layar]
Coding
Output
2. Membuat Garis Horisontal
glClearColor (0.0f,
0.0f, 0.0f, 0.0f);
[ untuk
memilih warna yang digunakan untuk membersihkan latar dalammode RGBA]
glClear
(GL_COLOR_BUFFER_BIT);
[untuk
membersihkan layar latar belakang dengan warna hitam]
glPushMatrix();
[Membuat baris kode menjadi tidak
berlaku untuk bagian luar]
glClearColor(1,1,1,0);
[untuk menentukan warna garis/titik]
glColor3f(1,1,1); //
[untuk menentukan warna garis/titik]
glBegin(GL_LINES);
[untuk menggambar
garis dari titik yang digunakan ]
glColor3f(0.0f, 0.0f,
1.0f);
glVertex3f(-0.6f,
0.0f, 0.0f); [ untuk menentukan titik awal yang digunakan ]
glColor3f(0.0f, 0.0f,
1.0f); [ untuk menentukan titik yang
digunakan ]
glVertex3f(0.6f,
0.0f, 0.0f); [ untuk menentukan titik akhir yang
digunakan ]
glEnd();
[untuk mengakhiri gambar garis
dititik akhir ]
glPopMatrix(); [Membuat
baris kode menjadi tidak berlaku untuk bagian luar]
SwapBuffers (hDC);
[digunakan untuk
menukar bagian belakang buffer menjadi buffer layar]
Coding
Output
3. Membuat Garis Diagonal
glClearColor (0.0f,
0.0f, 0.0f, 0.0f);
[ untuk
memilih warna yang digunakan untuk membersihkan latar dalammode RGBA]
glClear (GL_COLOR_BUFFER_BIT);
[untuk
membersihkan layar latar belakang dengan warna hitam]
glPushMatrix ();
[Membuat baris kode menjadi tidak berlaku
untuk bagian luar]
glClearColor(1,1,1,0);
[untuk menentukan warna garis/titik]
glColor3f(1,1,1); //
[untuk menentukan warna garis/titik]
glBegin(GL_LINES);
[untuk menggambar garis dari titik yang digunakan
]
glVertex3f(0,0,-0.8);
[ untuk menentukan titik awal yang digunakan
]
glVertex3f(9.9,8.9,0.1);
[ untuk menentukan titik akhir yang digunakan ]
glEnd ();
[untuk mengakhiri gambar garis
dititik akhir ]
glPopMatrix ();
[Membuat baris kode menjadi tidak berlaku untuk bagian luar]
SwapBuffers (hDC);
[digunakan untuk
menukar bagian belakang buffer menjadi buffer layar]
Coding
Output
Untuk merunning program tersebut dapat menekan F9 dan simpan kembali nama filenya kemudian output akan keluar.
Logika :
Pada dasarnya listing koding dalam setiap pembuatan garis vertikal,horisontal, dan diagonal adalah hampir sama, hanya terdapat perbedaan pada bagian glVertex nya saja, di titik koordinat mana yang akan dihubungkan hingga tercipta garis yang kita inginkan.
0 komentar:
Posting Komentar